Sigit Hari Pradityo,S.ST,.MT*)
Lapis Penetrasi Macadam (LAPEN)
Lapis Penetrasi
Macadam (LAPEN) merupakan lapis perkerasan yang terdiri dari batu (agregat)
pokok dan batu (agregat) pengunci bergradasi terbuka dan seragam yang diikat
oleh aspal dengan cara disemprotkan diatasnya dan dipadatkan lapis demi lapis, apabila
akan digunakan sebagai lapis permukaan perlu diberi laburan aspal dengan batu
penutup.
1.1. Fungsi
LAPEN dapat berfungsi sebagai :
a. Lapisan
Permukaan
b. Lapisan
pondasi
1.2. Sifat-sifat
LAPEN mempunyai sifat sebagai
berikut :
a. Kurang
kedap air (permeabilitas sedang).
b. Kekuatan
utama didapat dari saling mengunci (interlocking) antara batuan pokok dan
pengunci.
c. Mempunyai
nilai struktural.
d. Cukup
kenyal.
e. Mempunyai
permukaan yang kasar.
1.3. Penggunaan
LAPEN dapan diletakkan diatas
berbagai jenis/kondisi perkerasan lama maupun baru untuk lalu lintas ringan
sampai sedang.
Sigit Hari Pradityo
II.
BAHAN
Bahan yang digunakan untuk LAPEN terdiri
dari agregat pokok, agregat pengunci, agregat penutup (untuk permukaan) dan
aspal.
2.1. Agregat
Agregat yang digunakan harus
agregat dengan persyaratan sebagai berikut :
a. Keausan
agregat bila diperiksa dengan mesin Los Angeles pada 500 putaran (PB.0206-76)
adalah 40%.
b. Indeks
kepipihan (B.S.) maksimum 25%.
c. Kelekatan
terhadap aspal (PB.0205-76) lebih besar dari 95%.
d. Bagian-bagian
batu yang lunak (ASTM C-235) maksimum 5%.
e. Gumpalan-gumpalan
lempung (ASSHTO T-12) maksimum 0,25%.
f. Gradasi
dibedakan :
-
Ukuran butir maksimum
agregat pokok adalah k.l. 2/3 tebal lapisan yang direncanakan.
-
Gradasi agregat pokok,
agregat pengunci dan agregat penutup adalah sebagaimana tertera di bawah ini :
TABEL 2.1. : Ukuran Agregat
Tebal
Tipe Lapisan (7 – 10 cm) (5 – 8 cm) (4 – 5 cm)
Batu
Agregat pokok
Melewati :
75 mm 100 – –
60 mm 90 – 100 100 –
50 mm 35 – 70 95 – 100 100
40 mm 0 – 15 35 – 70 95 – 100
25 mm 0 – 5
0 – 15 –
18 mm – 0 – 5 0 – 15
Agregat
Pengunci
Melewati :
25
mm 100 100 100
18
mm 95 – 100 95 – 100 95 – 100
9 mm 0 – 5 0 – 5 0 – 5
Agregat
Penutup
Melewati :
12 mm 100 100 100
9 mm
85 – 100 85 – 100 85 –
100
4 mm
10 – 30 10 – 30 10 – 30
2 mm
0 – 10 0 – 10 0 – 10
2.2. Aspal
a. Aspal
yang digunakan pada umunya aspal keras Pen. 40, Pen 60, Pen. 80 memenuhi
persyaratan sebagaimana tertera di bawah ini :
TABEL
2.2.
: Persyaratan Aspal Keras
Jenis
pemeriksaan
|
Cara
pemeriksaan
|
Pesyaratan
|
SATUAN
|
|||||
Pen. 40
|
Pen. 60
|
Pen. 80
|
||||||
Min
|
Maks
|
Min
|
Maks
|
Min
|
Maks
|
|||
Penetrasi (25˚C, 5 detik)
|
PA.
0301 – 76
|
40
|
59
|
60
|
79
|
80
|
99
|
0,1 mm
|
Titik lembek (ring & ball)
|
PA.
0302 – 76
|
51
|
63
|
48
|
58
|
46
|
54
|
˚C
|
Titik nyala (dev. Open cup)
|
PA.
0303 – 76
|
200
|
-
|
200
|
-
|
225
|
-
|
˚C
|
Kehilangan berat (163˚C, 5 jam)
|
PA.
0304 – 76
|
-
|
0,4
|
-
|
0,4
|
-
|
0,6
|
% berat
|
Kelarutan (CCL4 Atau CS2)
|
PA.
0305 – 76
|
99
|
-
|
99
|
-
|
99
|
-
|
% berat
|
Daktilisasi (25˚C, 5 cm/menit)
|
PA.
0306 – 76
|
75
|
-
|
100
|
-
|
100
|
-
|
cm
|
Penetrasi setelah kehilangan berat
|
PA.
0301 – 76
|
75
|
-
|
75
|
-
|
75
|
-
|
%semula
|
Berat Jenis (25˚C)
|
PA.
0307 – 76
|
1
|
-
|
1
|
-
|
1
|
-
|
gr/cc
|
b. Aspal
cair RC-250, RC-800, atau RC-3000 yang memenuhi persyaratan sebagaimana tertera
dibawah ini :
TABEL 2.3.
: Persyaratan aspal cair
Jenis
pemeriksaan
|
Cara
pemeriksaan
|
Pesyaratan
|
SATUAN
|
|||||
RC. 250
|
RC. 800
|
RC.3000
|
||||||
Min
|
Maks
|
Min
|
Maks
|
Min
|
Maks
|
|||
Kekentalan kinematik (60˚C)
|
PA. 0308 - 76
|
250
|
500
|
800
|
1600
|
3000
|
6000
|
cst
|
Titik nyala (tag Open cup)
|
PA. 0309 - 76
|
27
|
63
|
48
|
58
|
46
|
54
|
˚C
|
Destilasi (terhadap isi destilasi 360˚C)
|
PA. 0310 -
76
|
|
|
|
|
|
|
|
sampai 225˚C
|
35
|
-
|
15
|
-
|
-
|
-
|
% isi
|
|
sampai 260˚C
|
60
|
-
|
45
|
-
|
25
|
-
|
% isi
|
|
sampai 315˚C
|
80
|
-
|
75
|
-
|
70
|
-
|
% isi
|
|
sisa destilasi (360˚C)
|
65
|
-
|
75
|
-
|
80
|
-
|
% isi
|
|
Penetrasi residu (25˚C, 5 detik)
|
PA. 0301 - 76
|
80
|
120
|
80
|
120
|
20
|
120
|
0,1 mm
|
Daktilitas (25˚C, 5 cm/menit)
|
PA. 0306 - 76
|
100
|
-
|
100
|
-
|
100
|
-
|
cm
|
Kelarutan (CCL4 Atau CS2)
|
PA. 0305 - 76
|
99
|
-
|
99
|
-
|
99
|
-
|
% berat
|
Pelekat dalam air (permk. Batuan)
|
PA. 0312 - 76
|
80
|
-
|
80
|
-
|
80
|
-
|
% luas
|
Kadar air
|
PA. 0311 - 76
|
-
|
0,2
|
-
|
0,2
|
-
|
0,2
|
%
|
c. Aspal
emulsi anionik (RS-1, RS-2) atau kationik (CRS-1, CRS-2) yang memenuhi
persyaratan sebagaimana tertera dibawah ini :
TABEL
2.4. : Persyaratan aspal emulsi anionik
Jenis
pemeriksaan
|
Cara
pemeriksaan
|
Pesyaratan
|
SATUAN
|
|||
RS-1
|
RS-2
|
|||||
Min
|
Maks
|
Min
|
Maks
|
|||
Kekentalan furol (25˚C)
|
AASHTO T-59
|
20
|
100
|
-
|
-
|
detik
|
Kekentalan furol (50˚C)
|
AASHTO T-59
|
-
|
-
|
75
|
400
|
detik
|
Sisa Destilasi
|
AASHTO T-59
|
57
|
-
|
62
|
-
|
% isi
|
Pengendapan (5 hari)
|
AASHTO T-59
|
-
|
3
|
-
|
3
|
selisih
persen
|
Pengendapan emulsi (35 ml dari 0,02
NCaCl2)
|
AASHTO T-59
|
60
|
-
|
50
|
-
|
%
|
Daktilitas (25˚C, 5 cm/menit)
|
AASHTO T-59
|
-
|
10
|
-
|
10
|
%
|
Analisa saringan (tertahan no.200)
|
PA. 0301 - 76
|
100
|
200
|
100
|
200
|
0,1 mm
|
Daktilitas residu (25˚C, 5 cm/menit)
|
PA. 0306 - 76
|
40
|
-
|
40
|
-
|
cm
|
Kadar air
|
AASHTO T-44
|
97
|
-
|
97
|
-
|
% berat
|
TABEL
2.5. : Persyaratan aspal emulsi kationik
Jenis Pemeriksaan
|
Cara Pemeriksaan
|
Persyaratan
|
Satuan
|
|||
Crs-1
|
Crs-2
|
|||||
Min.
|
Mak.
|
Min.
|
Mak.
|
|||
1. Kekentalan Furol
|
AASHTO
|
20
|
100
|
100
|
400
|
detik
|
(50oC)
|
T-54
|
|||||
2. Sisa Destilasi
|
AASHTO
|
60
|
-
|
65
|
-
|
%isi
|
|
T-55
|
|||||
3. Pengendapan
|
AASHTO
|
-
|
5
|
-
|
5
|
selisih
|
(5 hari)
|
T-56
|
persen
|
||||
4. Analisa saringan
|
AASHTO
|
-
|
10
|
-
|
10
|
%
|
(tertahan
no.20)
|
T-57
|
|||||
5. Muatan listrik
|
AASHTO
|
Positif
|
Positif
|
|
||
|
T-58
|
|||||
6. Destilasi minyak
|
AASHTO
|
-
|
3
|
-
|
3
|
%isi
|
|
T-59
|
|||||
7. Penestrasi residu
|
PA.0301-76
|
100
|
250
|
100
|
250
|
0,1 mm
|
(25oC,
5 detik)
|
||||||
8. Daktilitas residu
|
PA.0306-76
|
40
|
-
|
40
|
-
|
cm
|
(25oC,
5cm/menit)
|
||||||
9. Kelarutan
|
AASHTO
|
97
|
-
|
97
|
-
|
%berat
|
(C2H3Cl3)
|
T-44
|
III.
PERENCANAAN
Untuk
mendapatkan LAPEN yang baik, perlu dilakukan suatu perencanaan.
3.1. Data perencanaan
a. Tebal
rencana
b. Ukuran
agregat yang ada dan mungkin diperoleh
c. Jenis
aspal yang tersedia
3.2. Penentuan
jumlah agregat dan aspal
Jumlah
agregat dan aspal dapat ditentukan sebagaimana tertera dibawah ini :
Tabel 3.1
|
|||||||
LAPEN sebagai lapisan permukaan
|
|||||||
Tabel lapisan LAPEN (cm)
|
Agregat Pokok
|
Aspal (kg/m2)
|
Agregat pengunci (kg/m2)
|
Aspal (kg/m2)
|
Agregat Penutup (kg/m2)
|
||
kg/m2
|
|||||||
7-10
|
5-8
|
4-5
|
|||||
10
|
200
|
|
|
8,5
|
25
|
1,5
|
14
|
9
|
180
|
|
|
7,5
|
25
|
1,5
|
14
|
8
|
160
|
|
|
6,5
|
25
|
1,5
|
14
|
8
|
|
152
|
|
6
|
25
|
1,5
|
14
|
7
|
140
|
|
|
5,5
|
25
|
1,5
|
14
|
7
|
|
133
|
|
5,2
|
25
|
1,5
|
14
|
6
|
|
114
|
|
4,4
|
25
|
1,5
|
14
|
5
|
|
105
|
|
3,7
|
25
|
1,5
|
14
|
5
|
|
|
80
|
2,5
|
25
|
1,5
|
14
|
Tabel 3.2
|
|||||
LAPEN sebagai lapisan pondasi
|
|||||
Tebal Lapisan LAPEN (cm)
|
Agregat Pokok
|
Aspal (kg/m2)
|
Agregat Pengunci (kg/m2)
|
||
Kg/m2
|
|||||
7-10
|
5-8
|
4-5
|
|||
8,5
|
200
|
-
|
-
|
8,5
|
25
|
7,5
|
180
|
-
|
-
|
7,5
|
25
|
6,5
|
160
|
-
|
-
|
6,5
|
25
|
6,5
|
-
|
152
|
-
|
6,0
|
25
|
5,5
|
140
|
-
|
-
|
5,5
|
25
|
5,5
|
-
|
133
|
-
|
5,2
|
25
|
4,4
|
-
|
114
|
-
|
4,4
|
25
|
3,7
|
-
|
105
|
-
|
3,7
|
25
|
3,7
|
-
|
-
|
80
|
2,5
|
25
|
IV. PELAKSANAAN
4.1. Peralatan
Peralatan yang
dibutuhkan dibagi kedalam peralatan ditempat penyimpanan bahan (stock pile) dan
peralatan di lapangan yang dilaksanakan secara mekanik atau manual.
4.1.1. Peralatan ditempat penyimpanan/penimbunan
bahan
a. Cara
mekanik
- Dump
truck
- Ketel
aspal
- Loader
b. Cara
manual
- Sekop
- Truck
4.1.2.
Peralatan di lapangan
a. Cara
mekanik
Tandem roller 6 – 8 ton
atau three wheel roller 6 – 8 ton.
Self propelled
pneumetic tired roller 10 – 12 ton.
Asphalt distributor.
Penebar agregat
(aggregate spreader).
Power broom /
compressor.
Sekop, kereta dorong,
dan alat bantu lainnya.
Tangki air (jika
diperlukan).
b. Cara
manual
Tandem roller 6 – 8 ton
atau three wheel roller 6 – 8 ton.
Self propelled
pneumetic tired roller 10 – 12 ton (jika diperlukan).
Sapu, sikat, dan
karung.
Pengki.
Emrat.
Sekop, kereta dorong,
dan alat bantu lainnya.
Ketel aspal.
4.2. Persiapan
lapangan
Sebelum penghamparan
dilaksanakan permukaan yang akan dilapis LAPEN harus memenuhi ketentuan sebagai
berikut :
a. Bentuk
permukaan kearah memanjang dan memenuhi lintang harus telah dipersiapkan sesuai
dengan perencanaan.
b. Permukaan
harus bebas sari bahan – bahan yang tidak dikehendaki misalnya debu dan bahan –
bahan lainnya.
c. Permukaan
yang tidak menggunakan bahan pengikat, harus cukup
lembab (tidak terlalu kering)
Permukaan yang
menggunakan bahan pengikat harus kering.
d. Permukaan
yang tidak menggunakan bahan pengikat harus diberi lapis serap pengikat (prime
coat) sebanyak minimum 0,5 liter/m2.
e. Permukaan
yang menggunakan bahan pengikat dapat diberi lapis pengikat (tack coat)
sebanyak maksimum 0,5 liter/m2.
4.3. Pengangkutan
Untuk mengangkut
agregat dan aspal.
- Agregat
:
Dalam pengerjaan LAPEN
yang bersifat manual dilakukan dengan truck, dan untuk cara mekanik dengan dump
truck.
- Aspal
:
Untuk pengangkutan
aspal pengerjaan LAPEN cara manual dilakukan dengan truck, dan untuk mekanik
dengan asphalt distributor.
4.4. Penghamparan
dan pemadatan.
Untuk penghamparan dan
pemadatan dapat dilakukan baik secara manual atau mekanik.
4.4.1. Mekanik
a. Penaburan
agregat pokok.
Penaburan agregat/truck
bergerak melalui permukaan jalan yang sudah disiap kan sambil menghampar
agregat pokok dengan kecepatan sedemikian rupa sehingga jumlah per satuan luas
yang direncanakan terpenuhi.
b. Pemadatan
agregat pokok.
Sebaiknya agregat
pokok, dipadatkan dengan mesin gilas besi roda tiga, 6 – 8 ton dengan kecepatan
k.l. 3 km/jam sampai kedudukan agregat menjadi rata dan stabil (jumlah lintasan
minimum adalah 6 lintasan).
c. Penyemprotan
aspal pada agregat pokok.
- Temperatur
harus dijaga agar tetap pada temperatur yang disyaratkan.
- Kecepatan
asphalt distributor dan daya semprot harus harus diatur sedemikian rupa agar
jumlah aspal per m2 yang direncanakan tercapai.
- Pasang
lembaran kertas penutup pada tempat-tempat penyemprotan dimulai dan berakhir
yang diperlukan untuk mendapatkan batas-batas penyemprotan yang rapih.
- Pasang
tanda (benang) pada batas-batas samping pengaspalan sebagai petunjuk operator.
- Asphalt
distributor ditempatkan dibelakang kertas peutup yang pertama.
- Asphalt
distributor dijalankan pada kertas penutup dan pipa penyiram dibuka.
- Asphalt
distributor bergerak maju dengan kecepatan tetap sesuai dengan jumlah
penyemprotan aspal yang ditetapkan, sampai ke lembar kertas penutup akhir, lalu
pipa penyiram ditutup.
- Tachometer
harus kelihatan oleh operator asphalt distributor.
- Lembaran
kertas kemudian disingkirkan.
- Bagian-bagian
yang tidak kena/kurang aspal akibat tersumbatnya nozel, perlu diperbaiki dengan
penyemprotan aspal dengan tangan.
d. Penebaran
agregat pengunci.
Penebaran agregat
pengunci dilakukan setelah penyemprotan aspal dengan cara seperti penebaran
agregat pokok.
e. Pemadatan
agregat pengunci.
Sebaiknya agregat
pengunci dipadatkan dengan mesin gilas tandem 6 – 8 ton dengan kecepatan k.l. 3
km/jam, sampai kedudukan agregat pengunci tertanam dengan baik.
f. Apabila
LAPEN digunakan sebagai lapis permukaan dilakukan pekerjaan-pekerjaan sebagai
berikut :
- Penyemprotan
aspal dilakukan sebagai mana penyemprotan aspal pada agregat pokok.
- Penebaran
agregat penutup dilakukan sebagaimana penebaran agregat pengunci.
- Pemadatan
sebaiknya dilakukan menggunakan self propelled pneumatic tired roller 10 – 12
ton. 4 – 6 lintasan dengan kecepatan 5km/jam sampai permukaan rata.
4.4.2. Manual
Agregat dan aspal yang
akan digunakan harus sudah tersedia di lokasi penghamparan sebelum pekerjaan
dimulai.
Pengaturan penyimpanan
agregat dan aspal harus sedemikian rupa agar terjaga kebersihan dan kemudahan
pelaksanaan pekerjaan.
a. Penebaran
agregat pokok.
Penebaran agregat pokok
dapat dilakukan dengan pengki sedemikian rupa rupa sehingga merata dan sesuai
dengan jumlah agregat (persatuan luas) yang direncanakan.
b. Pemadatan
agregat pokok.
Pemadatan agregat pokok
dilakukan sebagaimana pemadatan pada cara mekanik.
c. Penyemprotan
aspal dapat dilakukan dengan ember semprot (emrat), pada temperatur yang
disyaratkan sedemikian rupa sampai merata dan jumlah per m2 yang direncanakan
tercapai.
d. Penebaran
agregat pengunci.
Penebaran agregat
pengunci dilakukan setelah penyemprotan aspal, dengan cara seperti penebaran
agregat pokok pada temperatur aspal di permukaan sebagaimana yang disyaratkan.
e. Pemadatan
agregat pengunci.
Sebaiknya agregat
pengunci dipadatkan dengan mesin gilas tendem 6 – 8 ton dengan kecepatan k.l. 3
km/jam, sampai kedudukan agregat pengunci tertanam dengan baik.
f. Apabila
LAPEN digunakan sebagai lapis permukaan, dilakukan pekerjaan-pekerjaan sebagai
berikut :
- Penyemprotan
aspal dilakukan sebagaimana penyemprotan aspal pada agregat pokok.
- Penebaran
agregat penutup, dilakukan sebagaimana penebaran agregat pengunci.
- Pemadatan
sebaiknya dilakukan menggunakan self propelled pneumatic tired roller 10 – 12
ton. 4 – 6 lintasan dengan kecepatan 5km/jam sampai permukaan rata.
4.5. Pengendalian
mutu
Pengendalian mutu harus
dilakukan untuk mencapai hasil pekerjaan yang sesuai dengan perencanaan.
Pengendalian mutu
meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
a. Penyimpan
atiap fraksi agregat di tempat penimbunan harus diletakkan secara terpisah agar
satu sama lainnya tidak tercampur dan terjaga kebersihannya.
b. Penyimpanan
aspal harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak terjadi
kebocoran-kebocoran dan terlindung dari pengaruh air.
c. Temperatur
pemanasan aspal
Temperatur pemanasan
aspal harus dijaga sesuai dengan yang disyaratkan sebagai berikut :
- Aspal
keras pen 40, pen 60, dan pen 80 dipanaskan maksimum 176˚C (135˚C - 170˚C)
- Aspal
emulsi jenis RS-1 dipanaskan 24˚C-55˚C, RS-2 dipanaskan 43˚C-71˚C.
- Aspal
cair jenis RC-2 (RC-250) dipanaskan 60˚C-100˚C, RC-4 (RC-3000) dipanaskan
82˚C-107˚C, RC-3 (RC-8000) dipanaskan 77˚C-115˚C, MC-4 (MC 3000-6000)
dipanaskan 80˚C-130˚C.
- Untuk
pekerjaan penyemprotan aspal keras pen 40, pen 60, atau pen 80 harus mempunyai
temperatur 135˚C-176˚C.
d. Jumlah
agregat
Tebal tebaran lepas
setiap lapis harus diukur sesuai dengan yang diperoleh dari hasil penebaran
percobaan di lapangan.
e. Pemadatan
Pemadatan dilakukan
sedemikian rupa sehingga tidak terlihat adanya gerakan-gerakan agregat dibawah
mesin gilas.
f. Kerataan
permukaan saat pemadatan.
Kerataan permukaan
setiap tahap pemadatan harus di pehatikan. Apabila terdapat bagian bagian
permukaan yang kurang rata, harus diberi tebaran tambahan.
g. Kerataan
permukaan pemadatan agregat pokok.
Kerataan permukaan
dapat diukur dengan straight edge (mistar perata) panjang 3 m dan perbedaannya
tidak boleh melebihi 8 mm.
h. Sambungan
melintang dan memanjang perlu mendapat perhatian.
4.6. Lalu
lintas
LAPEN bisa dibuka untuk
lalu lintas dengan kecepatan rendah setelah 2 jam pemadatan akhir selesai dan
dibuka untuk kecepatan normal 4 jam.
DAFTAR ISTILAH
1.
Lapisan penetrasi
macadam (LAPEN) ialah suatu lapis perkerasan yang terdiri dari batu (agregat)
pokok dan batu (agregat) pengunci bergradasi terbuka dan seragam yang diikat
oleh aspal dengan cara disemprotkan diatasnya dan dipadatkan lapis demi lapis,
apabila akan digunkan sebagai lapis permukaan perlu diberi laburan aspal
dengan penutup.
2.
Aspal cair adalah yang
pada suhu normal dan tekanan atmosfir
bebrbentuk cair.
3.
R.C. (Rapid Curing
Asphalt) adalah aspal cair yang berupa campuran (pelarut) antar aspal semen
dengan pelarut jenis gasoline yang mempunyai daya menguap tinggi.
4.
Aspal emulsi adalah
aspal cair yang berupa campuran (pelarut) antara aspal semen, air, dan emulsi.
5.
Aspal semen atau aspal
keras adalah suatu jenis aspal minyak yang didapat dari residu hasil detilasi
minyak bumi pada keadaan hampa udara.
6.
Tack Coat adalah
lapisan aspal cair diatas lapis permukaan jalan yang masih beraspal sebelum
lapis permukaan perkerasan yang baru (dalam rangka perkuatan/overlay) dihampar
diatasnya dan berfungsi sebagai pengikat kedua lapis tersebut.
7.
Prime Coat adalah
lapisan aspal cair berviscositas rendah diletakkan diatas lapis pondasi sebelum
lapis permukaan dihampar diatasnya.
Aspal cair ini dapat
meresap kedalam lapis pondasi mengisi rongga dan memperkeras permukaan serta
mengisi lapis pondasi dan lapis permukaan.
8.
Agregat adalah batu
pecah, kerikil, pasir atau komposisi mineral lainnya baik berupa hasil alam
maupun hasil pengolahan (penyaringan, pemecahan) yang merupakan bahan utama
konstruksi jalan, betonm pondasi (ballast), jalan kereta api dan lainnya
sebagainya.
9.
Emrat adalah suatu alat
penyiram aspal yang dibuat dari kaleng atau ember dengan lubang dibagian
bawanya dan menggunakan tangkai kayu.
10. Pengki
adalah suatu alat untuk penebar agregat secara manual pada hamparan yang belum
rata.
PEMBERITAHUAN
Dalam
hal timbul keragu-raguan dalam penafsiran atau pengertian terhadap petunjuk
pelaksanaan ini, dapat di hubungi Direktorat Jenderal Bina Marga melalui alamat
:
DIREKTORAT PENYELIDIKAN
MASALAH
TANAH DAN JALAN
Jln. RAYA TIMUR Telp.
78251-78252-78253
BANDUNG
Setiap
tambahan atau perubahan (koreksi atau perbaikan-perbaikan) terhadap petunjuk
pelaksanaan ini akan dikeluarkan dalam bentuk “interim” yang harus diperlakukan
sebagi bagian yang tak terpisahkan dari petunjuk pelaksanaan sampai dengan
dikeluarkannya petunjuk pelaksanaan edisi baru.
Usaha
penyempurnaan petunjuk pelaksanaan ini akan selalu diadakan, karena setiap
kritik dan saran atau sumbangan-sumbangan pemikiran untuk penambahan atau
perobahan materi petunjuk pelaksanaan ini akan selalu diharapkan dan diterima
dengan baik.
Saran
dan sumbangan-sumbangan pemikiran tersebut dapat dikirim kepada alamat tersebur
diatas.
Minta gambar desain grafik Lapen ya pak Mksh
BalasHapusMinta analisa aspal pak
BalasHapus